Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Masak mudah, cepat dan enak

Hai kalian para ibu muda? Sama dong sama aku😀
Cerita dikit ya, setelah lulus SMK aku langsung diterima kerja. Jadi aku sibuk sama kerjaan sampai menikah dan punya anak ditambah sambil kuliah kelas karyawan jadi jangan tanya kapan aku masaknya?
Setiap hari ibukku yg bangun subuh jam 4 gitu ketika aku bangun semua sudah siap makanan dan bekal makan siangku. Sampai akhirnya anak ga bisa ditinggal usia 2th udah ga mau ditinggal kerja. Akhirnya suami minta aku udah gak usah kerja. Fokus ngurus suami dan anak. Aku yg sekolah sampai kerja 6th selalu dimasakin ibu jelas kerepotan dan susah bangun subuh (males dan juga penakut).
Aku udah 3 bulan resign dan tinggal dirumah sendiri tanpa ibu. Sekarang aku yg bertanggung jawab nyiapin makan untuk suami dan anak. Anak belum sekolah tapi suami guru masuknya jam 06.30. Dari pengalaman2 aku akan berbagi tips masak mudah, cepet dan enak tanpa harus bangun terlalu subuh.
Kita mulai ya...
1. Harus ada Lemari Es.
Kenapa harus ada? Banyak banget manfaatnya ya mahmud. Kalau blm bisa beli tunai bisa kredit aja sama kaya harga hp jaman now ya. Buat tips aja aku pakai SHARP entah suka aja sama freezernya.
2. Belanja stock sayur
Kalau ada lemari es bisa menyimpan sayur ataupun ikan lebih lama. belanja malam di pasar atau supermarket. Atau pas weekend bisa dikira kira cukup untuk 1 minggu sampai ketemu weekend lagi. Selain hemat waktu, tenaga, uang bisa juga dgn bahan seadanya kita jadi dituntut untuk buat masakan yg enak.
3. Belanja kebutuhan dapur
Pastikan minyak goreng, bawang, cabai, tomat, garam, micin, dkk selalu ada didapur. Kalau gak.. bakalan buang waktu pagi untuk ke warung.
4. Kupas Bawang
Kupas bawang merah, bawang putih pas waktu senggang siang hari. Simpan di toples trus masukin di kulkas bukan di freezernya ya. Jadi waktu masak pagi ga perlu repot2 kupas kupas lagi.
5. Alat pengiris bawang
Menghemat waktu lagi kan lama nih kalau pakai pisau harus iris iris bawang, belum drama nangis nangisannya. Pakai aja alat pengiris bawang dan cabai. Yakin lebih cepat.
6. Bersihkan sayur dan ikan
Tips nih untuk ikan apapun bersihkan dulu baru kemudian simpan di freezer. Jadi kalau mau dimasak tinggal ambil aja dicuci. Rencanakan malamnya besok pagi mau masak apa. Jadi sayur yang mau dimasak pagi bersihkan dulu waktu malam harinya. Simpan di kulkas jadi pagi tinggal masak.
7. Alat yang digunakan
Gunakan alat masak yang simpel penggunaannya. Aku biasa pakai yang ukuran kecil kecil. Kan sebagai keluarga kecil masak juga porsi kecil jadi ga perlu pakai wajan yg besar banget. Aku pakai alat masak yang bisa langsung digunakan untuk menyimpan makanan. Kenapa? Biar hemat waktu cuci piring😂
8. Masak nasi
Masak nasi paling enak itu siang atau sore hari. Pakai magic com yang bisa awet menyimpan nasi. Kalau aku pakai Yong Ma. Fanatik banget pakai itu bisa tahan 3-4hari tanpa bau. Kenapa masak nasi siang atau sore? Biar hemat waktu pagi hari ga perlu repot masak nasi dulu.
9. Cuci piring
Waktu memasak menunggu masakan empuk bisa digunakan sambil cuci piring. Jadi masak selesai. Cuci piring selesai😊
.
.
Untuk resep masakan akan aku upload setiap hari mulai dari postingan berikutnya. Para mahmud punya cerita yang sama. Yuk berbagi dan sharing bareng dgn komentar dibawah ini. Ingat masak itu ga ribet kok. 😇

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar