Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

COST OF CAPITAL

“ COST OF CAPITAL ”
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas dalam Mata Kuliah
Manajemen Keuangan
Dosen : Rifka Arinda Noviasari





Disusun Oleh :
         
Katarina Desi Ratnasari
32.13.1628
Novi Puji Astuti
32.13. 1481
Alfiansah
32.13.1552
Qudwatun Hasanah
32.13.1495
Putri Mega Wardani
32.13.1669

UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 
BANYUWANGI 2015





BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Dalam melakukan businessnya suatu perusahaan pasti akan melakukan capital budgeting, namun sebelum melakukan capital budgeting terlebih dahulu kita haraus mengetahui apakah itu sebenarnya capital sehingga perlu dilakukan capital budgeting. Apabila dihubungkan dengan teori ilmu ekonomi bahwa economics is the study of how society manages its scarce resources. Artinya bahwa dalam masyarakat mempunyai keterbatasan resource sehingga oleh karena itu maka masyarakat tidak akan bisa memproduksi barang atau jasa seperti yang mereka inginkan. Apabila kita identikkan masyarakat dengan perusahaan maka kondisi yang sama terjadi di perusahaan yang mana perusahaan mempunyai keterbatasan capital sehingga mereka harus bisa mengoptimalkan resource yang terbatas tersbut untuk mendapatkan profit.
Capital suatu perusahaan bisa didapatkan dari dana yang dimasukkan pemilik sebagai saham, surat utang ataupun pinjaman ke bank. Hal ini menyebabkan capital menjadi resource yang sangat terbatas. Dalam bisnis real, perusahaan pun memiliki keterbatasan mendapatkan pinjaman yang besar dari bank apabila tidak memiliki asset yang besar yang tentunya pinjaman tersebut harus dialokasikan pada alternatif investasi terbaik. Orang mungkin berpendapat bahwa sebuah perusahaan dapat mengeluarkan jumlah yang hampir tak terbatas dari saham biasa untuk meningkatkan modal. Peningkatan jumlah saham perusahaan hanya akan hanya berfungsi untuk mendistribusikan jumlah saham yang sama di antara sejumlah besar pemegang saham. Dengan kata lain, karena jumlah saham yang meningkat di perusahaan maka kepemilikan perusahaan untuk pemegang saham individu mungkin akan menurun secara proporsional.
Argumen yang mengatakan bahwa modal merupakan sumber daya terbatas adalah benar sekali walaupun dilihat dari setiap bentuk modal, apakah itu utang atau saham atau laba ditahan, hutang atau surat hutang, dan sebagainya. Bahkan perusahaan yang paling terkenal dalam suatu industri hanya dapat meningkatkan pinjaman sampai dengan batas tertentu. Setelah titik ini telah tercapai maka perusahaan tersebut akan ditolak kredit lebih atau kemungkinan akan dikenakan tingkat bunga yang lebih tinggi, sehingga membuat pinjaman menjadi kurang diminati untuk meningkatkan modal.
Cost of capital adalah return yang diharapkan terhadap biaya yang dikeluarkan dari dana perusahaan (baik debt dan saham). Hal ini digunakan untuk mengevaluasi setiap proyek baru perusahaan karena pengembalian minimum yang diharapkan oleh investor dalam memberikan modal kepada perusahaan harus sesuai dengan return yang diharapkan dari proyek tersebut. Suatu investasi dianggap bermanfaat apabila hasil yang diharapkan dari modal tersebut harus lebih besar dari biaya modal. Karena capital perusahann biasanya mencakup baik hutang dan ekuitas, oleh karena itu harus menghitung baik biaya hutang dan biaya ekuitas untuk menentukan cost of capital. Namun sekarang ini, kebanyakan manager lebih suka tingkat pengembalian lebih dari biaya modal.
Cost of Capital (Biaya modal) adalah biaya riil yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk memperoleh dana baik hutang, saham preferen, saham biasa, maupun laba ditahan untuk mendanai  suatu investasi perusahaan.



B.                 TUJUAN
Tujuan dibuatnya makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Keuangan serta menambah ilmu dan wawasan bagi pembaca, menambah referensi berbendaharaan makalah di Perpustakaan. Menjadikan pembaca mengerti serta memahami tentang cost of capital setelah membaca makalah ini.
BAB II
PEMBAHASAN

A.           PENGERTIAN COST OF CAPITAL
Konsep cost of capital dimaksudkan untuk dapat menentukan besarnya biaya yang secara riil harus ditanggung oleh perusahaan untuk memperoleh dana dari masing-masing sumber dana, untuk kemudian menentukan biaya modal rata-rata (average cost of capital) dari keseluruhan dana yang digunakan di dalam perusahaan yang ini merupakan tingkat biaya penggunaan modal perusahaan (the firm’s cost of capital).
Didalam bukunya Aliminsyah dan Padji yang berjudul “Kamus Istilah Keuangan Dan Perbankan” bahwa :
Cost Of Capital (Biaya Penggunaan Modal atau Biaya Modal) yaitu biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh dana menambah permodalannya.”
(2003:84)
Sedangkan menurut Farah Margaretha pengertian cost of capital dalam buku “Teori dan Aplikasi Manajemen Keuangan” yaitu:

cost of capital merupakan biaya yang dikeluarkan karena perusahaan menggunakan sumber dana yang tergabung dalam struktur modal (capital structure).
(2005:94)
Perhitungan biaya penggunaan modal dapat didasarkan atas perhitungan sebelum pajak (before – tax) atau perhitungan sesudah pajak (after – tax). Pada umumnya digunakan perhitungan atas dasar sesudah pajak (after – tax).
Biaya modal rata-rata (average cost of capital) biasanya digunakan sebagai ukuran untuk menentukan diterima atau ditolaknya suatu usul investasi, yaitu dengan membandingkan tingkat pendapatan investasi (rate of return) dari usul investasi tersebut dengan “cost of capital“nya. Oleh karena perhitungan ”rate of return” didasarkan atas dasar sesudah pajak, maka sewajarnya kalau pembandingnya juga diperhitungkan atas dasar sesudah pajak. Dalam perhitungan cost of capital selanjutnya akan didasarkan atas perhitungan sesudah pajak (after – tax).


B.            BIAYA MODAL  ( COST OF CAPITAL )
Keputusan investasi merupakan bagian dari penyusunan anggaran investasi (capital budgeting). Secara garis besar berbagai keputusan yang di lakukan oleh menejemen puncak dalam penyusunan anggaran investasi dapat di bagi menjadi dua tipe keputusan pokok ;
a.       Keputusan pembelanjaan (financing decision)  ; Pemilihan sumber pembelanjaan.
b.      Keputusan investasi ( investment decision ) : menyangkut penggunaan modal tersedia
Keputusan investasi sangat erat hubungannya dengan pembelanjaan. Dana tidak akan ditanamkan sebelum pertama kali diperoleh, sebaiknya ada gunanya memperoleh dana jika tidak tahu menguntungkan tidaknya investasi  yang hendak dilakukan. Oleh karena itu dalam penyusunan anggaran investasi kedua macam keputusan tersebut harus dipertimbangkan secara bijaksana dan terpisah oleh menejemen.
Ada mata rantai yang menghubungkan keputusan pembelanjaan dan keputusan investasi. Sumber dari dana modal yang akan ditanamkan diperoleh akan menentukan besarnya biaya modal ( cost of capital ) dan biaya modal ini yang digunakan sebagai dasar untuk milih rencana investasi yang di lakukan. Suatu investasi di anggap akan menguntungkan jika investasi tersebut akan menghasilkan tarif kembalian (rate of return) yang lebih besar dari biaya modal yang ditanamkan. Oleh karena itu analisi suatu keputusan investasi tergantung pada pengertian manajemen mengenai biaya modal.

Ada dua pengertian biaya modal:
a.       Biaya modal khusus( specific cost of capital) adalah; biaya yang berhubung dengan sumber pembelanjaan tertentu pada saat tertentu.
b.      Biaya modal rata- rata ( average cost of capital ) adalah ; rata-rata tertimbang berbagai biaya modal khusus pada saat tertentu.

Berikut ini akan dibahas penentuan biaya modal khusu yaitu:
a.       Biaya modal pinjaman ( cost of debt )
b.      Biaya modal saham istimewa ( cost of preferred stock )
c.       Biaya modal saham biasa (ncost of common equity )


C.       BIAYA MODAL PINJAMAN ( COST OF DEBT )
Biaya modal pinjaman dihitung dengan cara menentukan tarif bunga efektif setelah pajak. Karena bunga pinjaman yang dikeluarkan perusaan dapat dikurangkan dari penghasilan untuk penentuan laba kena pajak, maka pembayaran bunga modal pinjaman akan menimbulkan penghematan pajak ( tax saving ). Jika perusahaan membayar bunga 10% atas modal yang ditarik dari pinjaman dan tarif penghasilan perusahaan adalah sebesar 35%, maka tariff bunga efektif setelah pajak adalah 6,5% [10%-[35% x 10%].
Jika perusahaan mengeluarkan obligasi maka tingkat bunga efektif saat ini dapat ditentukan dengan memperhitunkan dengan mempehitungkan tiga faktor berikut ;
a.       Bunga nominal
b.      Sisa umur obligasi  dan
c.       Harga pasar obligasi saat ini
Contoh misalnya;
Obligasi bernilai nominal Rp. 1.000.000 dengan bunga nomina 10% dibayar tiap tahun, mempunyai harga pasar saat kini sebesar Rp. 832.200. obligasi tersebut akan jatuh tempo 5 tahun kemudian. Kreditur bmau menanamkan uangnya sebesar Rp. 832.200 pada saat kini karena ia mengharapkan akan menerima bunga setiap tahun sebesar Rp 1.000.000 selama 5 tahun.di tambah denagn uang sebesar Rp 1.000.000 ( nominal obligasi ) pada akhit tahun ke 5 yaitu pada saat obligsi tersebut jatuj tempo. Untuk menghitung tariff bunga efektif obligasi tersebut maka digunakan metode coba- coba berikut ini :
a.       Menilaitunakan bunga atas nominal obligasi yang diterima setiap tahun selama 5 tahun dengan tariff kembalian ( rate of return ) sembarang.
b.      Menilaitunaikan nominal obligasi yang akan diterima kembali pada akhir tahun ke 5 oleh kreditur dengan tarif kembalian pada butir A.
c.       Menjumlah hasil perhitungan pada butir A dan B. jika jumlah Rp 832.200 berti metode coba- coba  mengenai sasarannya, yaitu hasil perhitungan biaya bunga efektif adalah sebesar tariff kembalian yang semula ditentukan secara sembarang tersebut.

Jika arus kas masuk dan keluar yang akan diterima dan dikeluarkan oleh kreditur tersebut di gambarkan dalam garis waktu akan tampak sebagai berikut:
Investasi                               Rp 100.000           Rp 100.000    Rp 100.000     Rp 100.000   Rp 100.000+Rp 100.000
832.200
Nilai tunai penerimaan kasn dimasa yang akan datang pada tingkat bunga 15% di hitung sebagai berikut:
Nilai jatuh tempo        Rp 1.000.000x 0,497              =                      RP  497.000
BUNGA                                 100.000X 3,352         =                       Rp  335.200

TOTAL                                                                                               Rp  832.200

Nilai tunai investasi dalam obligasi adalah                                         Rp  832.200

Jadi tingkat bunga efektif obligasi tersebut adalah 15% dan tarif pajak penghasilan perusaahan tersebut adalah sebesar 35%, maka tarif bunga efektif setelah pajak atau biaya modal pinjaman dari sumber obligasi tersebut adalah sebesar 9,75% ( 65% x 15% )
Suatu perusahaan memanfaatkan sumber pembelanjaan utang, dengan tujuan untuk memperbesar tingkat pengembalian modal sendiri (ekuitas). Biaya Utang dibagi menjadi dua macam yaitu:
a.       Biaya Utang sebelum Pajak (before-tax cost of debt)
Menurut Warsono (2003: 139), besarnya biaya utang sebelum pajak dapat ditentukan dengan menghitung besarnya tingkat hasil internal (yield to maturity) atas arus kas obligasi, yang dinotasikan dengan kd.
Rumus:
C + (M-NVd)/ n
Kd =  (M + NVd)/ 2
Keterangan:
C           = Pembayaran bunga (kupon) tahunan
M           = Nilai nominal (maturitas) atau face value setiap surat obligasi
NVd = Nilai pasar atau hasil bersih dari penjualan obligasi
n      = Masa jatuh tempo obligasi dalam n tahun



b.      Biaya Utang setelah Pajak (after-tax cost of debt)
Menurut Warsono (2003: 139), mengatakan bahwa perusahaan yang menggunakan sebagian sumber dananya dari utang akan terkena kewajiban membayar bunga. Bunga merupakan salah satu bentuk beban bagi perusahaan (interest expense). Dengan adanya beban bunga ini akan menyebabkan besarnya pembayaran pajak penghasilan menjadi berkurang.
Biaya utang setelah pajak dapat dicari dengan mengalikan biaya utang sebelum pajak dengan (1 - T), dengan T adalah tingkat pajak marginal.

Rumus:
ki =  kd (1 – T)
Keterangan:
ki            = Biaya utang setelah pajak
kd            = Biaya utang sebelum pajak
T          = Tarif pajak


D.           BIAYA MODAL SAHAM ISTIMEWA ( COST OF PREFERRED STOCK )
Saham istimewa menunjukan hak atas perusahaan. Secara ekonomis, saham istimewa lebih mirip dengan hutang jangka panjang dibandingkan dengan saham biasa. Saham istimewa mengharuskan perusahaan membayar deviden dalam jumlah tetap, tanpa melihat apakah perusaah mengalami kerugian atau mengalami keuntungan, dan deviden tersebuut dibayar lebih dahuku sebelum deviden dibagikan kepada pemegang saham biasa.
Biaya modal saham istimewa( cost of preferred stock) dihitung dengan cara membagi deviden saham istimewa  Rp 1.000.000 per lembar dan dividennya 17% per tahun, sedangkan harga pasarnya Rp 9.000.000 per lembar. Maka biaya modal khusus ( specific cost of capital ) bagi saham istimewa tersebut adalah 18,89 [ (17% x Rp 1.000.000 ) ] : Rp 9.000.000
Karena dividen yang dibayarkan kepda pemegang saham istimewa tidak dapat dikurangkan sebagai biaya dalam penentuan laba kena bpajak, maka tidak terdapat penghematan pajak dalam pembayaran deviden ini, tidak seperti halnya dengan pembayaran bunga pinjaman.


E.             BIAYA MODAL SAHAM BIASA ( COST OF COMMON EQUITY)
Jumlah deviden yang dibayarkan kepada pemegang saham biasa adalah: tidak tetap,tergantung besar kecilnya laba yang diperoleh perusahaan dan juga tergantung tersedianya kas. Bahkan dalam keadaan rugi , perusaahn tidsk membayarkan deviden kepada pemegang saham biasa. Oleh karenba itu deviden yang dibayrkan pada saat kini bukan merupakan petunjukmengenai besarnya biaya modal suatu perusahaan. Bila seorang investor membeli satu lembar saham biasa, ia mengharapkan penghasilan dari deviden ( dividend income ) untuk jangka waktu yang tidak terbatas di masa yang akan datang. Rumus perhitungan biaya modal saham biasa adalah.
K   =       D          +  t
             P
K = biaya modal saham biasa
D = dividen per lembar saham yang kini dibayarkan kepada pemegang saham biasa
P = harga pasar perlembar saham yang berlaku kini
T = tingkat pertumbuhan tahunan rata – rata yang diharapkan untuk dividen saham biasa
Contoh
Dividen yang dibayarkan kepda pemegang saham b iasa pada saat kini adalah Rp 12.500 per lembar, harga pasr saham biasa pada saat kini adalah Rp 100.000 per lembar, dividen per lembar saham di harapkan akan bertambah pada tingakt pertumbuhan 7,5% per tahun. Biaya modal saham biasa sebagai berikut ;

K  =         12.500         + 0.075   = 20%
              100.000

 Seperti halnya dengan deviden saham istimewa, deviden saham biasa ini juga tidak dapat diharapkan dalam perhitunagn laba kena pajak. Oleh karena itu biaya modal saham ini tidak memperhitungkan penghematan pajak seperti halnya di dalam perhitungan biaya modal pinjaman.


F.            BIAYA MODAL RATA –RATA ( AVERAGE COST OF CAPITAL )
Biaya modal rata- rata dari berbagai biaya modal khuusu ( specific coct of capital ) denagn mengunakan angka penimbangan sebesar proporsi tiap – tiap sumber pembelanjaan dalam total yang akan di lakukan. Jika suatu investasi memerlukan dana sebesar Rp 500.000.000 dan jumlah tersebut dibelanjai dari penarikan utang jangka panjang ( obligasi ) sebesar 25% saham istimewa pembelanjaan tersebut adalah sebagai berikut :
Obligasi                       9,75%
Saham istimewa          18,89%
Saham biasa                20,00%


Maka biaya modal rata- rata adalah sebesar 17,05% seperti terlihat dalam perhitungan yang disajikan pada gambar:

Sumber                        specific                          angka                          biaya modal rata-rata
Pembelanjaan             of capital           penimbang                

Obligasi                       9,75%                         0,25                             2,44%
Saham istimewa          18,89%                        0,35                             6,61%
Saham biasa                20,00%                        0,40                             8,00%                          TOTAL                                                                                        17,05%


G.      COST OF EQUITY (BIAYA MODAL SENDIRI)
Biaya modal saham merupakan tingkat hasil pengembalian atas saham biasa yang diinginkan oleh para investor. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam perhitungan biaya modal laba ditahan, yaitu pendekatan Capital Aset Pricing Model (CAPM), dimana biaya modal laba ditahan adalah tingkat pengembalian atas modal sendiri yang diinginkan oleh investor yang terdiri dari tingkat bunga bebas risiko dengan premi risiko pasar dikaliikan dengan β (resiko saham perusahaan). Iramani  dan Febrian (2005).
Rumus:
ks =  Rf  +  β (Rm – Rf)

Keterangan:
                   ks  = Biaya laba ditahan
                  R= Tingkat pengembalian bebas risiko
                  β   = beta, pengukuran sistematis saham
                  Rm = Tingkat pengembalian saham
Adapun variabel-variabel yang digunakan dalam penghitungan CAPM adalah sebagai berikut:
1.      Tingkat Suku Bunga Bebas Risiko ( Rf )
Tingkat suku bunga bebas risiko diambil dari suku bunga rata-rata Sertifikat Bank Indonesia (SBI) selama satu tahun. Rf  yang merupakan suku bunga obligasi pemerintah atau surat hutang pemerintah.
2  .      Return Pasar ( Rm )
Return pasar dapat diketahui dengan menggunakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) per bulan untuk tiap-tiap tahun.
Rumus:
IHSG t – IHSG t-1
Rm, t 
                                                      IHSG t-1
(Jogiyanto, 2003: 232)
                                        Keterangan:
      Rm                  = Tingkat pengembalian yang diharapkan pasar
      IHSG t        = Harga penutupan IHSG akhir hari transaksi bulan ini
      IHSG t-1     = Harga penutupan IHSG akhir bulan lalu
3.      Resiko Sistematis ( β )
Perkiraan koefisien beta saham ( β ) digunakan sebagai indeks dan risiko saham beta. Perhitungan beta dilakukan dengan pendekatan regresi.
Rumus:
             n Σ XY Σ X Σ Y
β =
             n Σ X2 – ( Σ X ) 2
(Husein Umar, 2003: 171)
Keterangan:
X = Tingkat keuntungan portofolio pasar (indeks pasar)
Y = Tingkat keuntungan saham


H.      BIAYA MODAL RATA – RATA TERTIMBANG (WACC)
Menurut Iramani  dan Febrian (2005), dalam praktek pembiayaan atau pendanaan yang digunakan perusahaan diperoleh dari berbagai sumber. Dengan demikian biaya riil yang ditanggung oleh perusahaan merupakan keseluruhan biaya untuk semua sumber pembiayaan yang digunakan.
Rumus:
WACC = Wd . kd (1 – T) + Ws . Ks
Keterangan:
WACC = Biaya modal rata-rata tertimbang
Wd                          = Proporsi hutang dalam struktur modal
kd            = Biaya hutang (cost of debt)
Ws       = Proporsi saham biasa dalam struktur modal
ks         = Tingkat  pengembalian yang diinginkan investor


I.              PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI DALAM LINGKUNGAN MANUFAKTUR MAJU
Dalam lingkunagn manufaktur maju, pengambilan keputusan investasi biasanya bersangkutan dengan penggatian mesin dan ekuipmen lama denagn mesin ekuipmen yang dikendalikan dengan computer. Mutu informasi akuntansi manajemen yang dipakai sebagai masukan dalam model present value dan discounted cash flow methods lebih ceemat dalam lingkunagan manufaktur tradisonal. Kecermatan akuntansi manajemen dibutuhkan oleh manajemn dalam lingkungan manufaktur maju dalam :
1.      Penentuan besarnya investasi
2.      Penaksiran besarnya arus kas masuk selama umur investasi
3.      Penentuan besarnya nilai residu
4.      Penentuan besarnya discount rate

·         Penentuan besarnya investasi
Investasi dalam lingkungan manufaktur maju berwujud penggantian mesin – mesin lama dengan mesin – mesin baru yang dikendalikan dengan computer atau berpa perluasan usaha,dengan menambahkan mesin berteknologi dibandingakn dengan mesin Sn ekuipmen standart yang digunakan dalam lingkungan manufaftur tradisonal. Biaya langsung yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk investasi dalam mesin dan ekuipmen berteknologi maju berkisar 50% atau 60% dari seluruh investasi.

·         Penaksiran arus kas masuk selama umur investasi
Penaksiran arus kas masuk dalam lingkungan manufaktur tradisional lebih sederhana jika di bandingkan dengan penaksiran arus kas masuk dalam lingkungan manufaktur maju. Dalam lingkungan manufaktur tradisional , penafsiran arus kas masuk di dasarkan atas manfaat berwujud ( tangible benefit ) yang dapat diidentifikasi langsung dengan investasi, seperti penghematan tenaga kerja, tenaga listrik, sisa bahan (scrap ). Manfaat tidak berwujud 
( intangible benefit) dan penghematan tidak langsung ( indirect saving ) dalam lingkungan manufaktur tradisional tidak diperhitungkan, karena jumlahnya tidak signifikan. Jika perusahaan dalam mesin dan equipmen berteknologi maju dan menerapkan JIT philosophy dalam produksinya, mutu produk menjadi dapat diandalkan, kepuasan pelanggan menjadi meningkat, posisi daya sangat kuat, kemampuan perusahaan dalam mempertahankan pangsa pasar menjadi lebih besar.
Contoh :
PT FGR mempertimbangkan akan mengganti mesin dan equipment lama yang sekarang digunakan dalam system produksinya dengan mesin dan equipment berteknologi maju yang menggunakan flexible manufacturing system. Taksiran investasi yang akan dikeluarkan.

Biaya langsung :
Harga pemerolehan mesin dan equipment                                                Rp. 550.000.000
Biaya angkutan                                                                                         Rp.   50.000.000
Biaya asuransi angkutan                                                                           Rp.   10.000.000
Biaya masuk                                                                                              Rp.   25.000.000
Biaya pemasangan                                                                                    Rp.   75.000.000
 

 Jumlah Biaya langsung                                                                            Rp. 710.000.000
Biaya tidak berwujud :
Biaya pengembangan perangkat lunak computer                                     Rp. 100.000.000
Biaya rekayasa (Enginerring costs)                                                           Rp. 150.000.000
Biaya pelatihan karyawan                                                                         Rp.   50.000.000
Biaya implementasi                                                                                   Rp.   25.000.000
 

Jumlah biaya tidak terwujud                                                                     Rp. 325.000.000

Total Investasi                                                                                          Rp. 1. 035.000.000

Taksiran arus kas masuk selama umur investasi dilakukan berdasarkan activity-based costing
Manfaat Langsung :
Penghematan biaya tenaga kerja langsung                                                Rp.   75.000.000
 Pengurangan sisa bahan (scrap)                                                               Rp.   25.000.000
Penghematan biaya persiapan                                                                   Rp.   50.000.000
 Jumlah manfaat langsung                                                                         Rp.  150.000.000

Manfaat tidak terwujud :
Penghematan biaya mutu:
Penghematan biaya pengerjaan kembali (rework cost)                             Rp.   60.000.000
Penghematan biaya jaminan (warranty cost)                                            Rp.   30.000.000
Penghematan biaya untuk mempertahankan daya saing                           Rp.   80.000.000
Manfaat tidak langsung :
Penghematan biaya production scheduling                      Rp 40.000.000
Penghematan upah karyawan                                           Rp 20.000.000

Jumlah manfaat tidak berwujud dan
manfaat tidak langsung                                                     Rp 230.000.000

Total manfaat                                                                    Rp. 380.000.000


Nilai Residu
Nilai residu seringkali diabaikan dalam pengambilan keputusan investasi. Alasan yang seringkali dipakai  adalah ketidakpastian mengenai jumlahnya, sehingga menyulitkan penaksirannya. Tidak diperhitungkan nilai residu kemungkinan akan mempunyai dampak terhadap keputusan investasi atau tidak investasi.dalam menghadapi persaingan tajam , perusahaan tidak dapat melakukan kesalahan dalam pengambilan keputusan , hanya karena tidak dilakukannya penaksiran nilai residu. Oleh karena itu, pendekatan yang lebih baik dalam menghadapi ketidakpastian jumlah nilai residu adalah dengan menggunakan analisis sensitifitas. Dalam lingkungan manufactur maju, manajemen memerlukan informasi akuntansi yang bermutu tinggi sebagai dasar pengambilan keptusan mereka.

Discount rate
Dalam teori, jika arus kas masa yang akan datang dapat diketahui dengan pasti discount rate yang benar adalah sebesar biaya modal perusahaan (firm’s cost of capital). Kenyataannya, arus kas masuk yang akan datang adalah tidak pasti oleh karena itu, untuk mengahadapi ketidak pastian tersebut, pengambilan keputusan investasi biasanya menggunakan discount rate yang elbih tinggi dari biaya modal perusahaan. Jika discount rate yang dipilih terlalu tinggi, hal ini akan mengakibatkan pengambilan keputusan cenderung  mempertimbangkan aspek jangka pendek dalam pemilihan investasi yang akan dilakukan. Penggunaan discount rate yang tinggi bila dibandingkan dengan yang diberikan kepada arus kas yang diterima lebih awal lebih tinggi bila dibandingkan dengan yang diberikan kepada arus kas yang diterima kemudian. Padahal, investasi dalam lingkungan manufactur maju baru merupakan investasi yang layak untuk dilakukan jika arus kas masuk dipertimbangkan untuk jangka waktu yang panjang.


J.             MARGINAL COST OF CAPITAL

Marginal cost of capital dari setiap item adalah cost daripada satu unit tambahan dari item tersebut. Artinya, marginal cost dari tenaga kerja adalah cost daripada adanya tambahan satu tenaga kerja. Dengan demikian, marginal cost of capital adalah cost untuk bisa memperoleh tambahan setiap rupiah dari capital baru.
  • Pada umumnya perusahaan akan menggunakan laba ditahan untuk menambah modal baru menerbitkan saham baiasa baru. Dengan demikian diperlukan suatu titik dimana kebutuhan modal sendiri harus dipenuhi dengan penjualan saham biasa baru.
  • Titik dimana marginal cost of capital naik sering disebut Break Point.



BAB III
PENUTUP

     A.    KESIMPULAN
Biaya modal merupakan pengorbanan yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menarik dana dari pemilik modal. Oleh karena itu agar investasinya menghasilkan kembalian (return) yang memadai perlu diperhitungkan tarif kembalian investasi yang terdiri dari biaya modal ditambah tingkat keuntungan wajar dari investasi tersebut.
            Jika investasi dilakukan dengan dana yang seluruhnya diperoleh dari pinjaman maka biaya modal dihitung sebesar tarif bunga efektif (biaya bunga – penghematan pajak dari pembayaran bunga). Jika investasi dilakukan dengan dana yang seluruhnya diperoleh dari saham istimewa, maka biaya modal dihitung dengan cara membagi deviden saham istimewa dengan pasar saham istimewa pada saat ini, tanpa dipengaruhi oleh pajak, karena deviden saham istimewa bukan merupakan unsur biaya yang digunakan untuk menghitung laba kena pajak. Jika investasi dilakukan dengan dana yang seluruhnya diperoleh dari saham biasa, maka biaya modal dihitung dengan rumus k=(D/p) + t dimana k adalah biaya modal saham biasa, D adalah deviden per lembar saham yang kini dibayarkan kepada pemegang saham biasa, p adalah harga pasar per lembar saham yang berlaku kini, dan t adalah tingkat pertumbuhan tahunan rata – rata yang diharapkan untuk deviden saham biasa. Jika investasi dilakukan dengan dana yang diperoleh dari pinjaman, saham istimewa, dan saham biasa, maka biaya modal dihitung sebesar biaya modal rata-rata yang dihitung dengan mengalikan tarif biaya modal masing – masing sumber pembelanjaan tersebut dengan angka penimbang (menurut proporsi modal yang ditanamkan dalam investasi tersebut).


DAFTAR PUSTAKA

Akuntansi Manajemen/Mulyadi-Cetakan ke-1, Jakarta:Salemba Empat,2001
Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 15, No. 2, November  2013, 95-105
ISSN 1411-0288 print / ISSN 2338-8137 online

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

MRS KABU LAYU mengatakan...

Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui Email (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

Terima kasih semua.

MRS KABU LAYU mengatakan...

Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui Email (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

Terima kasih semua.

MRS KABU LAYU mengatakan...

Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui Email (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

Terima kasih semua.

Posting Komentar