Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

My lovely office, Berbisnis dengan hati, melayani dengan nurani

Sejarah KSU CU Sang Timur
    
KSU CU Sang Timur Banyuwangi dimulai dengan pemikiran Paguyuban Guru-Guru Paroki Curahjati. Organisasi ini menginginkan adanya sebuah lembaga keuangan yang mampu membantu kebutuhan anggota organisasi dan juga dapat melayani masyarakat umum.
            Pada tanggal 31 Maret 2007 mereka mengundang Kopdit Karya Sang Timur Pasuruan untuk mendampingi pembentukan dan pelaksanaan kegiatan CU Sang Timur Banyuwangi. Berdasarkan pertemuan yang tersebut maka disepakati untuk membentuk CU Sang Timur Banyuwangi. Pada pertemuan tersebut juga langsung dibentuk susunan pengurus perdana dengan Bpk H. Maryono sebagai Ketua Pengurus dan Bpk. YSI Widodo sebagai Ketua Pengawas. Romo Paroki Curahjati yaitu Rm Ign Suyadi, O.Carm dipilih sebagai penasehat.
            Pengurus secepatnya memilih karyawan untuk menangani kegiatan CU Sang Timur sehari-hari dan terpilih Bpk Andreas Gian Purwoko, SE menjadi karyawan pertama. Mulai tanggal 10 Mei 2007 kantor sudah beroperasi meski dengan peralatan seadanya. Gedung kantor juga masih meminjam bangunan bekas kantin milik SDK Sang Timur Curahjati Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi.
            Peralatan yang masih terbatas dan gedung yang masih meminjam tidak mengurangi semangat pengurus dan manajemen untuk terus berkarya. Pada bulan November 2008, CU Sang Timur melakukan renovasi kantor Tempat Pelayanan Curahjati. Pada tanggal 10 Maret 2009, membuka Tempat Pelayanan di Genteng. CU Sang Timur juga membuka Tempat Pelayanan Siliragung tanggal 01 Februari 2010 dan Tempat Pelayanan Banyuwangi pada 05 Mei 2010. Sesuai rencana strategis tahun 2010, maka pada tanggal 21 November 2010 CU Sang Timur memulai pembangunan kantor pusat di Desa Karetan Kecamatan Purwoharjo dengan anggaran Rp. 800.000.000,-. Pembangunan kantor pusat lantai II ini selesai pada bulan Oktober 2011 dan diresmikan pada 23 Oktober 2011 oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Banyuwangi BPK. H. Ikhrori Hudamto. Pada bulan November 2012, CU Sang Timur juga telah membuka satu kantor Tempat Pelayanan di Sumberayu. Sehingga total ada 6 kantor Tempat Pelayanan yang dimiliki oleh CU Sang Timur.
Perkembangan menggembirakan bisa dilihat dari aset dan anggota. Aset bulan Mei 2007 hanya sekitar Rp.3.000.000,- dan mencapai  Rp. 793.299.230,- per 31 Desember 2007 dengan jumlah anggota 144 orang. Sekarang, aset per 31 Desember 2012 sebesar Rp. 14,6 M ,- dengan jumlah anggota 1.494 orang dan jumlah nasabah 4.216 rekening.  

  
Logo CU Sang Timur




Logo CU Sang Timur menggambarkan dua huruf S dan T (singkatan Sang Timur) yang membentuk dua orang yang saling bergandeng tangan

Gambar dua orang menunjukkan bahwa CU Sang Timur merupakan kumpulan orang bukan sekadar kumpulan uang. Yang dibangun oleh CU Sang Timur adalah MANUSIA.

Posisi bergandengan tangan membentuk gambar hati menunjukkan bahwa kumpulan orang di CU Sang Timur saling membantu dan bekerja sama dalam kasih.

Posisi orang yang satu mengajak terbang orang yang lainnya menunjukkan bahwa CU Sang Timur mengajak anggotanya dan anggota mengajak keluarga, teman dan kenalan untuk menata keuangan menuju kehidupan yang lebih baik dan lebih sejahtera melalui CU Sang Timur.

Warna tubuh dan kepala dua orang tidak sama. Ini menunjukkan bahwa CU Sang Timur terbuka untuk siapa saja tanpa membeda-bedakan Warna Kulit, Tingkat Pendidikan, Suku, Ras, Agama, dll.


Motto
Berbisnis dengan hati, melayani dengan nurani


Visi dan Misi
Visi
Lembaga Keuangan yang professional dan berkelanjutan dengan semangat swadaya, solidaritas dan pendidikan.

Misi
-          Melayani anggota dengan cepat dan tepat dengan teknologi yang handal.
-          Membantu pengelolaan keuangan keluarga dengan bijak

-          Masyarakat memiliki akses terhadap pelayanan keuangan yang baik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar